Pembinaan Posyandu

Sejak tahun 2014, Bayer telah mengembangkan program pembinaan kesehatan masyarakat. Bekerja sama dengan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kelurahan Cisalak kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Bayer memberikan pembinaan kepada 5 Pos Pelayanan Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu (Posyandu) di area sekitar pabrik Bayer CimanggisKomitmen Bayer untuk mewujudkan keberlanjutan juga sejalan dengan U.N. Sustainable Development Goals. Aktivitas, produk, dan jasa di bidang produk kesehatan dan agrikultur diutamakan untuk memberikan kontribusi dalam Tujuan Global-2: Tidak Ada Kelaparan dan Tujuan Global-3: Kesehatan dan Kesejahteraan. Selain itu, upaya ini juga diperluas dengan melaksanakan kegiatan tanggung jawab sosial kepada masyarakat yang sejalan dengan program pemerintah dan tujuan perusahaan. Bayer memandang penting untuk membangun kesuksesan bersama dengan masyarakat tempat Bayer berada, melalui kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (CSR). Bayer fokus pada strategi CSR jangka panjang, berlandaskan pada 3 pilar: Edukasi, Aplikasi Ilmu Pengetahuan dan Inovasi Sosial/Masyarakat.

 

 

Tujuan program pembinaan Posyandu adalah untuk menekan angka kematian bayi dan anak balita, penurunan angka kelahiran, penerimaan NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera) serta peningkatan kemampuan untuk mengembangkan kegiatan yang berkenaan dengan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

Kegiatan pembinaan yang dilakukan bersamasama pemangku kepentingan meliputi penyediaan fasilitas dan prasarana serta pembinaan bagi kader-kader Posyandu binaan. Bayer telah menunjuk bidan khusus untuk dapat memberikan pelayanan edukasi kesehatan kepada masyarakat, yang meliputi kesehatan dasar, gizi dan kesehatan reproduksi. Di setiap Posyandu juga memiliki alat kesehatan seperti timbangan bayi, timbangan badan digital, dan alat ukur tinggi badan sesuai standar kebutuhan Posyandu. Pada tahun 2017 kegiatan pengembangan yang dilaksanakan meliputi:

  • Pengadaaan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) rutin sesuai dengan acuan gizi yang telah ditetapkan oleh PKK. Bayer juga menyelenggarakan pelatihan dan pembinaan 60 Kader Posyandu serta penyelenggaraan workshop PMT yang diberikan oleh seorang ahli gizi agar para kader dapat mengkreasikan PMT yang sesuai dengan panduan gizi.
  • Penandatangan Perjanjian Kerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengenai program pendidikan kesehatan untuk Posyandu.
  • Studi banding bagi para kader Posyandu binaan ke Posyandu Wijayakusuma – Kecamatan Coblong Kota Bandung – Jawa Barat yang menjadi Posyandu Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2017. Studi banding ini bertujuan untuk menginspirasi pada kader untuk meningkatkan kualitas layanan dan memberikan manfaat lebih banyak bagi masyarakat sekitar.

 

Di tahun 2017, Program edukasi kesehatan kepada 60 kader posyandu binaan ini mendapatkan penghargaan Sustainability Business Award 2017.